Merunut Asal Usul Sepeda Motor dan Perkembangannya

Bagaimana Sepeda Motor Menjadi Lebih Dari Sekedar Sepeda Bertenaga

Selama lebih dari 150 tahun, sepeda motor telah menangkap antusiasme dan kegembiraan pengendara di seluruh dunia. Tetapi hanya sedikit yang tahu bagaimana bentuk transportasi yang menakjubkan ini berubah dari sepeda bertenaga uap dan pembakaran batu bara menjadi helikopter bertenaga gas saat ini.

Untuk memulai dari awal, Anda harus mundur ke 1800-an dan menemukan sepeda. Tidak mengherankan bahwa sepeda motor masa kini berbagi DNA yang sama dengan beberapa pendorong pedal kami yang lalu. Namun, Anda mungkin terkejut melihat bagaimana sepeda bermotor pertama beroperasi.

Velocipede dan Tenaga Uap

Pernahkah Anda mendengar Velocipede? Tidak, ini bukan dinosaurus. Ini sebenarnya bahasa Latin untuk “kaki cepat” dan mewakili perangkat beroda apa pun yang dioperasikan dengan menggunakan tenaga manusia dan pedal. Sepeda hanyalah yang paling populer dari velocipedes.

Namun sejak penemuan roda, ada pria dan wanita yang cerdik menemukan cara untuk membuatnya berputar lebih cepat. Penemu pertama yang memengaruhi pengembangan sepeda motor adalah pria kelahiran Prancis bernama Ernest Michaux. Pada tahun 1867, ia menempatkan mesin uap kecil di “velocipede” -nya dan menciptakan salah satu sepeda motor pertama.

Sementara itu, di Amerika Serikat, seorang pria bernama Sylvester H. Roper dari Massachusetts memiliki ide yang sama ketika ia meletakkan boiler silinder dua batu bara diisi di antara roda velocipede-nya. Namun, dalam salah satu kecelakaan sepeda motor yang paling awal didokumentasikan, Roper meninggal pada tahun 1896 menunjukkan salah satu velocipedes bertenaga uapnya.

Sepeda Motor Pembakaran Internal Awal

Pada akhir 1880-an, mesin pembakaran internal tiba di tempat kejadian, yang mengubah wajah pengembangan sepeda motor. Salah satu sepeda motor pembakaran internal terdokumentasi paling awal adalah “Siklus Bensin,” ditemukan di Inggris pada tahun 1888. Iterasi roda 3 ini adalah salah satu yang pertama dari jenisnya. Itu tampak seperti kursi roda dengan roda tiga bertenaga gas yang mendorongnya dari belakang. Itu dilengkapi dengan tuas throttle dan tidak ada sistem pengereman untuk berbicara tentang.

Pada saat yang sama di Jerman, Gottlieb Daimler – nama terkemuka dalam pengembangan mobil – sibuk bekerja pada sepeda motor bertenaga gas roda dua. Itu berhasil dibangun, tetapi setang terkunci dan tidak dapat mengaktifkan porosnya. Itu pada akhirnya hanya merupakan test bed untuk mesin mobil baru mereka, daripada upaya untuk membuat sepeda motor komersial sejati.

Perang Besar dan Apa yang Datang Setelah

Pada tahun 1901, pembuat sepeda Inggris Royal Enfield memulai debutnya dengan sepeda motor pertamanya – sepeda yang digerakkan roda belakang dengan sabuk yang terpasang pada mesin 239 cc yang dipasang di depan. Pada tahun yang sama di AS, Perusahaan Manufaktur Sepeda Motor India merancang sepeda motor “berbingkai intan” pertama bernama Indian Single. Tahun produksi pertama mereka menghasilkan 500 Single. Pada 1913, mereka akan memproduksi lebih dari 20.000 sepeda per tahun. Pada tahun 1903, Harley-Davidson mulai memproduksi sepeda motor di Amerika.

Sepeda motor memainkan peran penting dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II, karena mereka adalah cara cepat, efisien untuk mengangkut komunikasi penting ke garis depan. Harley-Davidson mengabdikan hampir 50% dari output pabriknya untuk upaya perang. Dan Triumph Motorcycles memberi sekutu lebih dari 30.000 sepeda Tipe-H yang baru dikembangkan di WWI saja.

Boom Sepeda Motor Pascaperang

Setelah kedua Perang Dunia berakhir, para veteran yang kembali merasakan kegembiraan dan kesenangan yang berkaitan dengan mengendarai sepeda motor. Ini mendorong pasar pascaperang dan pengembangan sepeda motor di Amerika. Sepeda yang lebih besar, lebih cepat diproduksi dan menjadi ikon bagi industri ini.

Sementara itu, di Eropa, pengembangan sepeda motor difokuskan pada efisiensi dan kemudahan transportasi, yang mengarah pada pengembangan moped di Italia dan Inggris

Sisanya – Mereka Katakan – Adalah Sejarah

Melalui perkembangannya yang luar biasa dari sepeda bertenaga uap, hingga transportasi komunikasi dalam Perang Dunia I, hingga sepeda modern, sepeda motor selalu menemukan rumah bersama mereka yang menikmati petualangan dan kecerdikan penemuan hebat ini.

Di jalan-jalan di seluruh dunia, sepeda motor adalah cara yang umum dan menyenangkan untuk bepergian. Namun, pengendara sepeda motor seringkali berisiko cedera lebih besar daripada pengemudi mobil rata-rata Anda. Karena sepeda motor tidak menawarkan kepada pengendara perlindungan fisik yang ditawarkan tubuh mobil, kecelakaan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian.

Selalu Awasi Sepeda Motor

Selalu penting untuk mewaspadai sepeda motor di jalan. Apakah itu menarik keluar dari persimpangan atau berbelok di lalu lintas, pastikan Anda mencari dua kali untuk pelancong roda dua ini.

Pengendara sepeda motor sering mencoba membuat diri mereka terlihat mungkin, tetapi pengemudi mobil dan truk masih harus waspada. Untuk informasi lebih lanjut tentang keselamatan sepeda motor, kunjungi Pusat Sumber Daya Keselamatan Sepeda Motor kami .

Jika Anda pernah terluka dalam kecelakaan sepeda motor, hubungi firma hukum kami untuk konsultasi gratis. Kami akan membantu Anda memahami tindakan terbaik setelah cedera sepeda motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *