Kaki Bayi Bengkok, Normal apa Tidak?

Kaki bayi bengkok, normal apa tidak? – Sang ibu mungkin merasa cemas ketika dia melihat kaki kecilku tampak bengkok ketika dia mulai belajar berdiri dan berdiri. Kaki anak yang bengkok sebenarnya umum dan tidak selalu berbahaya. Namun, kondisi ini kadang-kadang dapat terjadi karena cacat lahir atau masalah dengan tulang kaki anak.

Salah satu mitos di masyarakat mengatakan bahwa kaki bayi melengkung karena bayi tidak terhapus sejak lahir. Faktanya, semua bayi dilahirkan dalam bentuk lutut atau kaki yang sedikit ditekuk karena fakta bahwa kaki mereka ditempatkan jauh melengkung ketika mereka berada di dalam rahim.

gambaran penyembuhan kaki bengkok

Kaki bayi bengkok, normal atau tidak ?

Terjadi kondisi kaki normal yang menyimpang
Setidaknya ada 4 jenis kaki bayi yang menekuk secara alami:

Kaki berbentuk O

Kaki berbentuk O atau varian gen (Bowlegs) terjadi ketika ia menyentuh kedua pergelangan kaki, tetapi lutut terbuka lebar. Anak-anak atau anak kecil di bawah 18 bulan sering mengalami kondisi ini. Biasanya, bentuk kaki akan diperbaiki seperti ini atau langsung dengan sendirinya ketika anak berusia 3-7 tahun.

Disajikan sebagai X

Kaki berbentuk X atau valgum adalah kebalikan dari kaki berbentuk O. Kondisi kaki ini ditandai dengan menyentuh lutut, sementara pergelangan kaki mengembang atau bergerak terpisah satu sama lain.

Kaki bengkok berbentuk X cenderung terjadi ketika anak berusia sekitar 4 tahun dan biasanya meluruskan pada usia 6 atau 7 tahun.

Jari kaki atau merpati

Jari-jari kaki biasanya lurus ke depan saat berdiri atau berjalan. Namun, dalam kasus kaki, jari-jari kaki anak menekuk ke dalam.

Sebagian besar kasus kaki anak yang ditekuk dengan cara ini dapat langsung kembali pada usia 8 tahun, tanpa perawatan sama sekali. Namun, jika dia tidak membaik sendiri setelah usia ini, jari kaki perlu dirawat oleh dokter.

Keluar jari kaki

Kebalikan dari jari kaki bagian dalam adalah jari kaki bagian luar, yaitu jari kaki atau telapak kaki menekuk ke arah luar. Dalam kebanyakan kasus, kaki anak yang bengkok ini tidak memerlukan perawatan apa pun untuk menjadi lurus kembali.

Namun, dokter harus merawat kondisi kaki jika tidak membaik seiring bertambahnya usia anak. Ini karena kondisi tersebut dapat disebabkan oleh kelainan pada sendi panggul, tulang paha, tulang kaki, dan cerebral palsy.

Kondisi Kaki Anak Pengkor Dianggap sebagai Masalah Serius

Keempat kondisi kaki terlipat di atas sudah normal pada bayi atau anak-anak. Namun, kondisi ini juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius yang diderita anak-anak.

Beberapa kondisi yang harus Anda perhatikan ketika anak memiliki kaki bengkok:

  • Kaki anak itu tetap bengkok sampai ia berusia tiga tahun
  • Keadaan melengkung tidak simetris pada kedua kaki
  • Bayi atau anak-anak tampak lemas atau mengeluh sakit ketika berjalan
  • Kaki yang bengkok tidak lurus dan malah menjadi lebih melengkung seiring bertambahnya usia
  • Bayi atau anak-anak lebih dominan menggunakan satu kaki
  • Lutut atau kaki terlipat disertai dengan posisi pendek anak
  • Kaki anak sangat rata atau melengkung
  • Kondisi ini dapat disebabkan oleh kelainan genetik atau kelainan pada tulang anak, seperti rakhitis, penyakit tumpul, cacat lahir pada tulang, infeksi, obesitas, atau cedera pada tulang kaki anak.

Kaki anak yang bengkok sudah bisa sembuh sendiri. Namun, waspadalah jika anak atau kaki anak masih terlihat bengkok ketika mereka berusia lebih dari 3 tahun atau disertai dengan berbagai tanda di atas.

Untuk menentukan penyebab dan langkah perawatan, kaki yang bengkok pada anak harus diperiksa oleh ahli ortopedi.

Untuk menilai kondisi anak, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan dukungan, seperti x-ray pada kaki dan pinggul. Setelah mengetahui diagnosisnya, dokter baru dapat menentukan perawatan yang tepat untuk menangani kaki yang bengkok pada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *