Hewan Endemik Indonesia

Hewan Endemik Indonesia– apakah kamu telah tau apa saja hewan yang asli hidupnya dari wilayah Indonesia? Bila kamu tidak ketahui bisa jadi dengan membaca postingan ini dapat menaikkan pengetahuan kalian tentang hewan- hewan endemik Indonesia.

Anoa

Hewan endemik indonesia yang mirip dengan banteng kecil ini pula terancam punah populasinya

Anoa ialah binatang endemik Indonesia, spesies ini bisa ditemukan di wilayah pulau Sulawesi. Populasi Anoa dapat dikatakan di ambang kepunahan, dekat cuma 500 ekor saja yang terdapat pada tahun 2002. Bayangkan masih berapakah populasinya pada tahun saat ini.

Watak hewan Anoa merupakan hidup sendiri ataupun soliter, tetapi tidak tidak sering pula anoa yang ditemukan lagi bergerombol dengan kawanannya. Santapan hewan ini ialah semak, buah- buahan, herba, rumput, serta bermacam tanaman yang lain.



Banyak sekali hewan endemik dari negeri kita ini lo. Dari Pulau Sabang hingga Merauke Indonesia memiliki satwa- satwa endemik. Diperkirakan kurang lebih terdapat 165 tipe mamalia, 397 tipe burung,

lebih dari 150 reptilia, serta terdapat kurang lebih 100 tipe amfibi yang tercatat di Indonesia.

Silahkan baca hingga berakhir supaya bisa menaikkan pengetahuan kamu.

Kucing Merah

Kucing Merah( Pardofelis badia) pula diketahui dengan nama Borneo Bay. Kucing ini merupakan spesies kucing endemik dari Pulau Kalimantan. Kucing sangat jarang ini memiliki bulu bercorak cokelat kemerahan, bagian perutnya lebih bercorak pucat dari punggungnya.

Karakteristik khas dari kucing merah ini merupakan garis merah kecoklatan yang bercorak agak muda dibagian pipi serta kening. Pada bagian telinganya bercorak gelap ataupun cokelat tua, sebaliknya ekornya dihiasi dengan garis putih dengan bercak gelap pada ujungnya.

Dimensi kucing merah kalimantan sedikit lebih besar dari kucing rumahan. Panjang ekor pada kucing ini kurang- lebih 90cm. IUCN memperkirakan spesies mereka di alam leluasa cuma tinggal dekat 2. 200 ekor.

Cenderawasih Botak

Cenderawasih botak( Cicinnurs respublica) pula kerap diucap dengan burung surga. Sebab keelokan yang ada pada bulunya.

Burung ini tercantum masih satu keluarga dengan tipe Paradisaeidae. Burung ini ialah binatang endemik Pulau Waigeo, Raja Ampat, Papua.

Hewan ini dapat dikatakan terancam punah pula, binatang ini cuma bisa ditemukan di hutan daratan rendah pulau Waigeo serta Batanta di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Santapan burung Cendrawasih Botak ini merupakan buah- buahan serta bermacam berbagai serangga kecil.

Jalak Bali

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) cuma bisa kita jumpai pada habitat aslinya di hutan pulau Bali bagian barat.

Burung ini mempunyai panjang badan dekat 25 centimeter dengan berat rata- rata 85- 90 gr. Buat mengidentifikasi burung jalak bali sangat gampang, karakteristik khasnya merupakan pada bulunya yang putih, corak biru bada bagian dekat matanya disambung dengan corak gelap mengarah paruh, kemudian ada garis gelap di pinggir sayapnya.

Populasi burung ini sangatlah kritis, tidak bisa dikenal dengan tentu jumlah yang tersisa dikala ini, tetapi di perkirakan harga dari burung jalak bali di pasar hitam menggapai 10 jutaan per ekornya.

Burung ini jadi sangat jarang serta dilindungi sebab banyaknya perburuan liar yang dicoba. Oleh sebab itu populasi jalak bali didalam hutan sangatlah terbatas.

Elang Flores

Elang asli Flores( Spizaetus floris), hewan endemik Indonesia merupakan tercantum tipe reptil ataupun burung pemangsa yang sangat terancam punah keberadaannya.

Diperkirakan populasiya tidak hingga 250 ekor.

Elang Flores yang bagus serta gagah ini mempunyai dimensi badan lagi, tingginya kurang lebih 55 centimeter buat burung jenis berusia. kepalanya berbuku putih serta memiliki garis- garis bercorak cokelat pada bagian mahkota, badannya bercorak gelap, serta dada bercorak putih dengan warna merah.

Elang ini cuma bisa ditemui di pulau Flores, Sumbawa, Lombok, Satonda, Paloe, Komodo, serta Rinca. Elang Flores biasa menghuni hutan dataran rendah serta hutan submontan sampai ketinggian 1600 mdpl.

Kura- Kura Leher Ular

hewan ini merupakan salah satu binatang endemik khas indonesia yang sangat lucu

Kura- Kura berleher panjang( Chelodina mccordi) memanglah masih pula bisa ditemui di negeri tidak hanya Indonesia. Tetapi Kura- Kura ini ialah hewan endemik Indonesia yang cuma bisa di temukan di pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Hewan ini pula diresmikan oleh IUCN bagaikan hewan yang terancam punah.

Tidak jauh dari namanya, Kura- Kura leher ular memiliki dimensi wujud leher yang panjang mirip dengan ular. Kepala dari kura- kura ini tidak bisa ditarik kedalam tempurungnya.

Oleh sebab itu kura- kura ini cuma bisa melipat lehernya disamping tempurung. Kura- kura ini tercantum pula hewan yang unik.

Tipe kura- kura dari famili Chelidiae ialah kura- kura yang hidup di air tawar. Santapan dari hewan ini merupakan ikan kecil, serangga serta tanaman.

Komodo

Komodo( Varanus komodoensis), ialah salah satu hewan endemik Indonesia yang cuma dapat ditemukan di pulau- pulau dekat Nusa Tenggara, tercantum di Halaman Nasional Pulau Komodo. Tipe kadal terbanyak yang terdapat di dunia ini memiliki panjang menggapai 3 m serta berat kurang lebih 70 kilogram.

Komodo jantan berukuran lebih besar daripada komodo betina, dengan corak kulit abu- abu hitam hingga merah bata.

Sebaliknya komodo betina bercorak hijau semacam buah zaitun dengan corak kuning pada bagian tenggorokanya. Lidah dari hewan tipe Karnivora ini panjang serta pula bercabang.

Hewan satu ini pula jadi salah satu maskot Indonesia yang didalam dunia internasional diketahui bagaikan Komodo Dragon, binatang ini memiliki habitat natural di Pulau Komodo, Flores, Rinca, Gili Motang, serta Gili Dasami di Nusa Tenggara. Pulau- Pulau ini masuk dala, meter daerah Halaman Nasional Pulau Komodo.

Penutup

Nah teman teman itu tadi merupakan ulasan singkat tentang beberpa jenis hewan endemin di Indonesia.

Jika kalian antusias dengan dunia flora fauna kalian bisa juga membacanya di fatasama.com

Sekian semoga informasi yang di sajikan bisa menambah wawasan kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *