8 Stadion Terbaik Yang Ada Di Spanyol

gambar stadion sepak bola spanyol

Spanyol memiliki beberapa stadion yang dihormati di dunia seperti Santiago Bernabeu dan Camp Nou. Berikut adalah stadion terbaik pilihan yang terdapat di Spanyol.

1. Santiago Bernabéu, Real Madrid

Santiago Bernabéu  merupakan rumah bagi salah satu klub terbesar di dunia, Real Madrid. Stadion Santiago Bernabéu dibangun pada tahun 1947, stadion ini berbentuk kapal asing di jantung salah satu distrik paling terkenal di Madrid, Paseo de la Castellana. Di bagian dalam stadion berkapasitas 81.044 ini menawarkan suasana yang mendebarkan.

2. Camp Nou, Barcelona

Camp Nou merupakan stadion terbesar di Spanyol dan Eropa yang mampu menampung 99.000 penonton. Stadion yang dibuka pada tahun 1957 ini menjadi rumah untuk tim besar FC Barcelona dan pernah menjadi tempat pertandingan Final Liga Champions, Piala Dunia, dan Olimpiade Musim Panas. Museum yang dimiliki stadion ini memiliki 1,2 juta pengunjung setiap tahunnya.

3. Estadio de La Cartuja, Sevilla

Estadio de La Cartuja adalah stadion populer untuk tim nasional Spanyol. Estadio de La Cartuja adalah stadion modern yang mampu menampung 60.000 penonton. Diselesaikan pada tahun 1999, stadion ini sering menjadi tuan rumah Piala Spanyol dan final Liga Eropa. Kedua klub kota Sevilla dan Real Betis sedang mempertimbangkan untuk bermain di stadion ini karena sementara stadion mereka direstrukturisasi.

4. El Molinón, Real Sporting de Gijón

Sejak didirikan pada tahun 1908, stadion El Molinón Dijuluki “pabrik besar” karena terdapat bangungan watermill tua didekat stadion. Stadion El Molinón adalah stadion sepak bola tertua di Spanyol. meskipun bagian luar stadion terlihat kurang rapi, tapi bagian dalam stadion penuh dengan keajaiban. Arena ini mampu menampung 29.029 penggemar sepak bola.

5. The Mestalla, Valencia

Dibangun pada tahun 1923, Stadion Mestalla mampu menampung hampir 50.000 penggemar pecinta sepak bola Spanyol. Valencia sering dianggap sebagai salah satu klub Spanyol yang paling banyak penggemarnya setelah Real Madrid dan Barcelona.

6. San Mamés, Bilbao

Stadion San Mamés dibuka pada tahun 1913 yang disebut ‘Katedral Sepak Bola’. Stadion ini terus menawarkan salah satu pengalaman paling menarik di sepakbola Spanyol. Dengan kursi yang selaras lebih dekat ke lapangan, penggemar bisa melihat permainan yang indah dimainkan dengan lebih dekat.

7. Manuel Martínez Valero, Elche

Stadion Manuel Martínez Valero Selesai pada tahun 1976. Stadion Manuel Martínez Valero merupakan stadion dengan luas terbesar di La Liga pada 108 × 70 meter. Stadion ini berfungsi sebagai stadion rumah bagi tim divisi kedua Elche. Arena berkapasitas 33.732 ini juga menjadi tuan rumah Piala Dunia 1982 dan Copa del Rey 2003.

8. Riazor, Real Club Deportivo de La Coruña

Riazor adalah Rumah atau kandang bagi tim Real Club Deportivo de La Coruña. Stadion Riazor ini memiliki arena berkapasitas 33.000 penonton yang terletak beberapa langkah dari sisi laut. Seperti stadion Manuel Martínez Valero, stadion ini juga tampil sebagai stadion tuan rumah di Piala Dunia 1982.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *